Perpustakaan SMA Negeri 5 Jakarta mulai berdiri sejak di pindahkan ke jalan Raya Sumurbatu pada tahun 1982, pada saat itu operasionalnya masih bersifat konvensional dari tahun 1982 sampai tahun 2015, mulai dari penulisan label serta penomeran buku, pencatatan peminjaman dikantong buku kemudian dicatat kembali dalam buku pinjaman, pencatatan dari kunjungan dan lain-lain, DI tahun 2016 s.d 2019 dengan berkembangannya zaman mulai melakukan perubahan dengan mempergunakan sistem slims (Senayan Library Management System) yang merupakan Penyelenggaraan pelayanan kepada pengguna perpustakaan seefisien dan seefektif mungkin dengan bantuan komputer. Pada saat itu terkendala dikarenakan perpustakaan dipergunakaan untuk Ujian Nasional sehingga tidak mampu memaksimalkan penggunaan slims, ditahun 2020 s.d 2021 negara mengalami pandemi Covid 19 sehingga aktifitas kegiatan disekolahpun berubah menjadi pembelajaran jarak jauh dan berdampak pula dengan perpustakaan.
Seiring berjalannya waktu, dan berangsur-angsur pandemi berakhir aktifitas sekolah mulai 100% , pasca dari pandemi 19, untuk membangkitkan kembali dunia pendidikan agar tidak terjadi learning loss, dinas pendidikan DKI salah satu programnya melakukan pembenahan fasilitas dan infrastruktur di sekolah-sekolah serta merubah kurikulum 13 menjadi kurikulum merdeka, SMA Negeri 5 melakukan revitalisasi perpustakaan yaitu pembenahan sarana/ prasarana serta perubahan sesuai dengan himbauan yang beredar di bulan juli 2022 dan juga mengaktifkan kembali sistem Slims yang sebelumnya ada, Hasil dari revitalisasi perpustakaan tersebut pengguna informasi perpustakaan bertambah, perpustakaan yang sebelumnnya konvensional berganti menjadi hibrida karena perpustakaan SMAN 5 mempergunakan ke duanya yaitu konvensional dan digital, perkembangan Perpustakaan Teguh Karya semakin pesat hingga saat ini
Terciptanya layanan prima terhadap siswa untuk gemar berkunjung dan membaca di perpustakaan, sehingga terciptanya siswa berprestasi berwawasan lingkungan berdasarkan Imtaq
“Cintailah Buku, Kuasailah Ilmu”
a. Layanan Sirkulasi
b. Layanan Pemustaka
c. Layanan informasi
d. Layanan teknis
e. Layanan literasi